Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Membuat Email di Gmail


Cara Membuat Email di Gmail – Apabila Anda berkecimpung di dunia online atau internet, memiliki email merupakan hal yang wajib. Banyak aktifitas online mengharuskan Anda untuk menggunakan email, contoh seperti daftar facebook, twittermembuat blog, belanja online, dan lain sebaginya. Email adalah kotak pos di dunia maya, atau dengan kata lain sarana untuk berkomunikasi menerima dan mengirim pesan. Maka, milikilah sebuah alamat email dari sekarang. 
Untuk membuat sebuah alamat email banyak pilihan, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Contoh layanan email berbayar adalah nama email berdasarkan nama domain yang di miliki, contoh : arif@gubugui.com, biaya yang harus dikeluarkan adalah membayar layanan hosting untuk nama domain tersebut. Selain yang berbayar, banyak juga layanan email yang gratis, layanan email terkemuka di dunia diantaranya yaitu Yahoo mail, Gmail, Hotmail, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada tulisan kali ini akan menerangkan bagaimana cara membuat email di gmail (google mail).

Berikut adalah cara membuat email gmail : 

  1. Silahkan kunjungi alamat gmail berikut : http://mail.google.com
  2. Untuk lebih memudahkan, ubah bahasa ke dalam bahasa Indonesia dengan klik tombol drop down yang di sebelah kanan bawah. 
    pilih bahasa gmail
  3. Alihkan perhatian ke sebelah kanan atas monitor, lalu klik tombol BUAT AKUN. Anda akan dibawa kehalaman pengisian formulir. 
  4. Isilah formulir yang ada dengan data diri anda :
    1. Nama Depan : isi dengan nama depan Anda, misal : Arif
    2. Nama Belakang : isi dengan nama belakang Anda, misal : Nur Setiawan
    3. Nama Masuk-Log Yang Diinginkan : ini adalah yang nantinya menjadi alamat email anda, maka isilah dengan nama yang diinginkan, misal : Arif. Maka nanti alamat emailnya akan menjadi arif@gmail.com. Perlu Anda ketahui bahwa satu nama email hanya bisa dimiliki oleh satu orang untuk seluruh dunia, oleh karenanya nama yang sudah diambil oleh orang lain tidak dapat Anda dapatkan atau dengan kata lain tidak tersedia untuk dibuat yang baru. Untuk hal tersebut, klik tombol "cek ketersediaan!" Untuk mengetahui apakah nama email yang kita inginkan masih tersedia atau tidak. Apabila tidak tersedia, maka Anda harus mencari nama yang lain, atau coba dengan menambahkan nomor, misalnya: arif.ui, arif.fibui atau yang lain yang masih tersedia.
    4. Buat sandi : isilah dengan kata sandi yang Anda inginkan. Saran, buatlah kata sandi yang kuat agar tidak mudah di scan oleh software robot jahat yaitu sandi merupakan campuran dari huruf, angka, serta karakter khusus, misalnya : arif_888_fibui. Apabila Anda kesulitan untuk membuat sebuah kata sandi yang kuat, cobalah menggunakan tool online Strong Password Generator yang ada di http://strongpasswordgenerator.com.
    5. Masukkan kembali sandi : tulis ulang kata sandi yang tadi di masukkan (harus sama persis), misalnya: arif_888_fibui.
    6. Pertanyaan keamanan : pilih pertanyaan yang ada, kemudian berikan jawaban yang sesuai. Sebagai saran, pilihlah opsi: Buat pertanyaan saya sendiri. Ini bermaksud agar pertanyaannya selalu diingat oleh Anda, misalnya: Siapa nama pacar pertama Anda?
    7. Jawab : isilah dengan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan tadi, misalnya: Dian Sastro.
    8. Email pemulihan : isilah dengan alamat email Anda yang lain. Apabila Anda tidak memiliki alamat email yang lain, maka kosongkan saja. Email pemulihan berguna, jika suatu saat Anda mau masuk ke akun email dan lupa akan sandi yang digunakan, maka Anda bisa melakukan permintaan sandi melalui alamat email pemulihan ini.
    9. Lokasi : pilih sesuai dengan nama negara yang Anda tinggali, misal Indonesia.
    10. Tanggal lahir : isi dengan tanggal lahir Anda, misal 06/07/1992
    11. Verifikasi Kata : isi dengan tulisan yang muncul pada saat Anda membuat email. Setiap kata yang muncul akan selalu berbeda tiap orang atau Anda melalukan refresh pada halaman pembuatan email, lazimnya kata tersebut di sebut sebagai capcha.
    12. Persyaratan layanan : sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu segala yang ada dalam isi persyaratan layanan, agar Anda benar-benar paham akan aturan yang gmail terapkan.
  5. Klik tombol “Saya menerima. Buat akun saya".
  6. Apabila kata sandi yang Anda buat tergolong sandi yang kuat, maka umumnya email Anda akan langsung jadi, namun jika kata sandi yang Anda buat tergolong lemah, maka umumnya gmail akan meminta Anda untuk memasukkan nomor HP untuk verifikasi.
  7. Selesai.

Tips Keamanan Email

Email merupakan suatu yang sangat vital dalam dunia online. Anda harus menjaga kerahasiaan kata sandi akun email tersebut, jangan sampai teman, pacar, saudara atau orang lain mengetahui akan kata sandi yang Anda pergunakan. 

Berikut beberapa tips keamanan email :
  1. Buatlah kata sandi yang kuat. Kata sandi yang kuat merupakan capuran dari huruf, angka, serta karakter khusus. Di internet banyak sekali software jahat yang bisa scanning kata sandi, kata sandi yang merupakan kata yang terdapat dalam kamus merupakan kata sandi yang lemah dan mudah di bobol.
  2. Jaga kerahasiaan kata sandi. Sebaiknya Anda merahasiakan kata sandi Anda walaupun itu kepada teman dekat, pacar, atau saudara Anda.
  3. Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk daftar ke situs lain. Jika suatu saat Anda mendaftar ke situs di internet, misalnya facebok, twitter, blogger, atau lainnya, pergunakanlah kata sandi yang lain, jangan menggunakan kata sandi yang sama dengan email utama.
  4. Gunakan email lain untuk daftar situs-situs kurang terpercaya. Apabila Anda ingin mendaftar ke situs-situs yang memang situs tersebut belum jelas tingkat kepercayaannya seperti situs social bookmark yang bertebaran di internet, program bisnis online, dan yang lainnya, sebaiknya jangan gunakan email utama Anda, buatlah email lain sebagai keamanan. Di internet banyak pihak-pihak jahat yang memanfaatkan sebuah email, mereka ada yang menjual data email ke pihak lain, ada yang bermaksud membobol email Anda dan lain-lain, maka berhati-hatilah.
Tentu masih banyak langkah untuk mengamankan akun email anda dari pihak-pihak yang bermaksud jahat, namun cukup 4 poin saja dalam kesempatan ini agar tidak terlalu panjang lebar.
author
A. N. Setiawan
Penulis | Memayu hayuning bawana, ngudi kasampurnan. | arifnursetiawan@live.com | Salam budaya!